Tingkatkan Kesadaran Hukum Dikalangan Remaja, Kejari Metro Sosialisasi Literasi Hukum di-SMAN 5

Sepuluhdetik.co.id, Metro — Kejaksaan Negeri Kota Metro gandeng Dinas Perpustakaan dan kearsipan melakukan sosialisasi tentang bahaya Narkoba serta Pengertian tentang hukum, yang belum banyak dimengerti oleh anak-anak tingkat pelajar.

Kegiatan ini diadakan di Ruang Laboratorium Fisika SMAN 5 Kota Metro, Jalan Wolter Monginsidi, 22 Hadimulyo Timur Kota Metro, pada Kamis 25 November 2021.

Kepala Kejari Metro, Virginia Hariztavianne,SH,MH, B. B u s, MM mengatakan, ini kegiatan sosialisasi hukum.

Segala aturan hukum kita sosialisasikan. Kebetulan juga kita lagi mengadakan perpustakaan keliling, jelasnya kepada Wartawan.

Dilanjutnya, Bis  tahanan kita rubah menjadi perpustakaan keliling, meskipun masih difungsikan untuk tahanan, Artinya multiguna lah, katanya.

Selain itu dirinya mengutarakan, di Metro Ini kan kota pendidikan, di mana anak-anak bisa menyempatkan membaca buku pengetahuan lainnya, sehingga bisa bersaing di masa globalisasi ini, ungkapnya.

Apa lagi saat ini Masa pandemi, jadi dibutuhkan keliling, Karena bila anak-anak ke perpustakaan tentu tidak bisa. Nah, maka dengan keliling anak-anak bisa meminjam buku dari kita, makanya kita bekerjasama dengan Perpustakaan daerah, katanya.

Untuk materi yang kita berikan yaitu tentang pidana anak, Narkotika dan ujaran kebencian dalam bermedsos, paparnya.

Dirinya berharap, agar anak-anak ini rajin membaca buku. Dengan kita membaca buku maka, akan tak terkalahkan ibarat kata, katanya.

Ditempat yang sama, kepala SMA Negeri 5 Kota Metro menanggapinya, jika mengikuti sabda Rasulullah, serahkan segala sesuatu pada ahlinya. Bila berbicara hukum tentu kejaksaan ahlinya, sehingga memberi penjelasan sesuai substansi, kata kepala SMA N 5 Metro ini yang juga sedang melakukan peringatan hari Guru.

Konsekuensi hukum anak-anak tentu masih labil. Konsekuensi anak-anak bermedia sosial bermedsos menyangkut reputasi orang lain, tegasnya.

Masing-masing perwakilan anak kelas X, XI masing-masing mengikuti kegiatan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Dispusarda Kota Metro Menjelaskan, Mengenai Buku Perpustakaan itu kita kerja sama dengan Kejari, itu dinamakan Silang layang.

Buku yang dari kita dipinjamkan dan Kejari punya koleksi Buku tentang hukum.

Itu nanti untuk koleksi dan untuk pembacanya bagi siapapun terutama anak-anak.

Untuk kegiatan ini seperti beberapa SMA sebelumnya, peserta merupakan para pengurus osis yang berperan aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah.

Pada sosialisasi tersebut ditekankan pada materi pembahasan terkait bahaya narkoba dan cara mengantisipasinya.

Usai kegiatan, Kejari mendapatkan bingkisan dari SMA N 5, dimana diperingati Hari Guru hari ini dan juga para dewan Guru ada yang ulang tahun dan makan juga Poto bersama. (Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*