Menjadi Narasumber Workshop Kehumasan Perangkat Daerah Secara Virtual, Wirahadikusumah Paparkan Materi Tentang Kehumasan

 64 kali dilihat

MESUJI, SEPULUHDETIK.CO.ID — Fungsi humas dalam organisasi bukan sekadar membangun reputasi atau nama baik organisasi. Melainkan membantu organisasi lebih dipercaya dan mampu mencapai tujuan organisasi itu berdiri.

“Humas juga dituntut untuk dapat membuat konten yang menarik, sehingga dapat memberikan gambaran bahwa Mesuji tempat yang layak untuk berinvestasi,” ungkap Wirahadikusumah, Wakil Ketua Bidang Pendididikan PWI Lampung mewakili Ketua PWI Lampung, Selasa (8/6/2021).

Materi tentang kehumasan itu disampaikan Wirahadikusumah saat menjadi narasumber “Workshop Kehumasan Bagi Perangkat Daerah”, yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Mesuji bekerjasama dengan PWI Kabupaten Mesuji.

Dalam pemaparannya pada kegiatan yang digelar secara virtual itu, Wira, panggilan akrabnya, juga mengulas berbagai materi penting lain terkait fungsi kehumasan dalam menyampaikan informasi, khususnya di Kabupaten Mesuji.

“Sama seperti pers, humas juga harus bisa menulis dengan baik dan benar. Kaidah penulisan juga prinsipnya 5 W (what, who, where, where, why) dan 1H (how). Kali ini saya tambahkan 1 S, yakni safety atau aman dalam penulisan, untuk memastikan tulisannya tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,” paparnya lagi.

Selain itu, lanjutnya, humas juga harus cepat mengelola informasi dengan menggunakan teknologi. Seperti membuat, mengedit foto dan video, serta memberikan keterangan pada gambar dalam berita.

“Kita bisa memanfaatkan aplikasi yang dapat digunakan pada ponsel pintar untuk mengedit foto dan video, sehingga lebih cepat menyampaikan sebuah informasi,” tambah Direktur Utama Rilisid Lampung itu.

Menurut Wira yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Provinsi Lampung itu juga, humas harus memanfaatkan media sosial sebagai tempat berbagi informasi kegiatan pada organisasi perangkat daerah masing-masing.

“Kalau saya menyebut media sosial itu sebagai divisi pemasarannya media online,” tukasnya.

Reporter : Handri

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*