Ciri Seorang Istri yang Bisa Dicerai, Salah Satunya Keluar Rumah Tanpa izin Suami

Poto ilustrasi/mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com

SEPULUHDETIK.CO.ID – Apabila seorang istri tidak mampu menjaga harta dan rahasia suami, perangai ini menyebabkan talak disyariatkan.


Seperti dilansir dari mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com Minggu 22/08/2021, disebutkan dalam riwayat Al Bukhari dari Ibu Abas bahwa ia berkata. “Talak itu dilakukan karena kebutuhan”.


Hadits ini diberikan penjelasan oleh Ibnu Hajar Al Asqalani, bahwa seorang laki-laki tidak patut memberikan talak kepada istrinya, kecuali dalam kedaan mendesak seperti nusyuz.

Perceraian bisa menjadi haram, bisa juga sunnah, bahkan bisa menjadi wajib, tergantung sebab perceraian.

Perceraian adalah hal yang dibenci oleh Allah SWT, akan tetapi perceraian bisa terjadi jika suami meginginkannya karena sebab-sebab yang jelas.


Berikutnya, jika seorang suami yang mendapati istrinya berbohong dan berutang kepada banyak orang, kemudian sang suami selalu mebayar utang tersebut, tapi sang istri kembali mengulangnya lagi.

Apabila hal itu terjadi, ada pesan didalam Alquran yang harus diperhatikan. Sebagaimana Allah SWT telah memeberikan peringatan.

Allah SWT berfirman, “Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka maka bersabarlah, mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak”. (QS. An Nisa: 19).


Selanjunya bila seorang istri yang hendak bepergian haruslah mendapat izin dari suaminya, karena wanita harusnya berada di rumah.

Jadi seorang istri hanya boleh keluar rumah hanya untuk urusan penting.

Syaikhul Islam berkata, “Tidak halal bagi seorang wanita keluar rumah tanpa izin suaminya”.


“Jika ia keluar rumah tanpa izin suaminya, berarti ia telah berbuat nusyuz (durhaka), bermaksiat kepada Allah dan Rasulnya serta layak mendapat hukuman”.


Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT, “Dan tinggalah kalian para wanita di rumah-rumah kalian”.

 (QS. Al Ahzab: 33).**

(Muhamad Nur Firmansyah/mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*