Membumikan GenPI di Lampung Tengah

 43 kali dilihat

Lampung Tengah – GenPI (Generasi Pesona Indonesia), Visitasi dan sosialisasi terkait memajukan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif di kabupaten lampung Tengah.

Kegiatan tersebut di asakan di Rapemda 98,2 FM, Bandar jaya(Sabtu/5/2021). GenPI terlahir di Lombok NTB pada masa awalnya.

Dengan visitasi ke Lampung Tengah, GenPI mempunyai visi misi ingin menumbuhkan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif dengan kolaborasi dengan dunia digital.

Dengan kata kunci kolaborasi dari setiap komunitas dan organisasi, dengan tujuan memajukan dunia wisata di indonesia, serta mengenalkan dan mempromosikan pariwisata yang ada di daerah.

Keangnggotaan GenPI bisa berasal dari manapun baik dari media, umum, ASN dan semua golongan.

Menurut Ketua GenPI Provinsi Lampung ‘Abdul Rohman Wahid’, GenPI sudah ada hampir di seluruh propinsi, dan Kabupaten, untuk memajukan dunia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Masih menurut mas ” Wahid”, sapaan akrabnya.” Lampung sebenarnya merupakan surganya pariwisata dan ekonomi kreatif yang tidak terkalahkan tinggal bagaimana menyajikanya”, Tegasnya.

Selanjutnya sekertaris GenPI ‘Mustika Edi Santosa’ menjelaskan bahwa GenPI telah mengembangkan dan bekerja sama dengan berbagai instansi.

“Selama ini GenPI telah berkontribusi membangun tempat tempat wisata, pasar rakyat, dan wisata budaya:, Ungkapnya.

“Kegiatan-kegiatan GenPI yang saat ini, yang sudah ada membuat pasar kuliner ‘Payungi’, dan ‘Pak tejo’ di Kota Metro, Sunmory Taman Asri Way Kanan, Pakare Lampung Tengah”, Tambahnya.

Maju tidaknya pariwisata dan ekonomi kreatif sangat tergantung komitmen serta dunia digital seperti konten creator, selegram.

Tantangan bagi dunia pariwisata yang utama adalah SDM, Bagaimana mentransfer dan mengembangkan dunia wisata merupakan kunci utama.

Untuk di lampung tengah GenPI Berkolaborasi dengan kepemimpinan Musa-dito, dan DPRD, serta masyarakat untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Program dalam jangka pendek saat ini masih pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di lampung tengah adalah mengembangkan Desa wisata pasar kuliner “Pak Minak”, Terbanggi Besar, Lampung Tengah

Selain itu mengakomodir bagaiamana bisa menggerakan yang punya potensi-potensi para penggerak wisata, dengan sekolah desa, tiga hal yang mendasari visi misi Genpi kedepan:

  1. Inovasi, bagamana mengembangkan wisata dengan baik.

2.Edukasi, yaitu mengembangkan transfer pengetahuan.

  1. Kolaborasi, GenPI siap berkolaborasi dengan berbagai instansi dan stakeholder yang ada.

Harapannya GenPI juga memberikan sekolah edukasi desa dan sekolah digital literasi bagi semua kalangan atau anak muda. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*